Apa yang dimaksud monitor

March 20, 2018
Apa yang di maksud monitor - Pengertian Monitor dan Fungsinya - Monitor ialah perangkat keras yang dipakai sebagai perangkat output data secara grafis pada suatu CPU, monitor pun kerap dinamakan sebagai layar tampilan komputer. Monitor adalah salah satu perlengkapan keras (Hardware) yang dipakai sebagai penampilan output video dari pada suatu CPU, dan kegunaannya itu tidak dapat diceraikan dalam pemakaian suatu komputer, sampai-sampai dikarenakan monitor tersebut sebagai penampilan gambar maka pastinya komputer paling sulit dipakai dan bahkan sama sekali tidak dapat dipakai tanpa memakai monitor. Monitor disebut pun dengan VDU (Visual Display Unit).

Fungsi Monitor

Monitor bermanfaat sebagai Output dari kenangan komputer atau central processing unit berupa biner. Ini mesti diolah menjadi bahasa insan dan diperlihatkan ke monitor sehingga dapat dibaca oleh pemakai.Semua monitor mempunyai jenis resolusi yang dipakai untuk memperlihatkan gambar.

Apa yang di maksud monitor

Ukuran inci LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia. Sebuah layar monitor 17-inci bisa mempunyai resolusi 1024×768, sementara layar 20-inci bakal mempunyai 1600×1200. Jumlah dalam inci ialah ukuran layar monitor diagonal, sedangkan resolusi ialah lebar pixel dengan tinggi pixel. Meskipun laptop mempunyai built-in monitor, sejumlah laptop terdapat dengan port S-Video, yang memungkinkan kabel S-Video guna plug ke televisi tertentu. Ketika televisi berubah ke input yang tepat, akan beraksi sebagai cloning.



Terdapat beberapa jenis monitor

1. CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor CRT adalahmonitor memakai media tabung sinar katoda atau banyak sekali orang menyebutnya dengan monitor tabung. Monitor CRT diciptakan menggunakan tabung hampa guna layarnya. Monitor CRT serupa dengan jenis televisi tabung. Cara kerja monitor CRT yakni dengan memancarkan sinar elektron ke suatu titik-titik kecil di layar.

Sinar tersebut memperlihatkan sisi terang andai diperkuat, sementara untuk diperlemah guna sisi yang gelap. Monitor CRT lebih murah ketimbang jenis-jenis monitor komputer yang lainnya. Namun monitor CRT ini berukuran lumayan besar menciptakan tempat diletakkannya monitor itu haruslah luas.

2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Tidak laksana Monitor CRT yang memakai tabung hampa, Monitor LCD memakai media cairan kristal. Cara Kerja Monitor LCD tersebut dengan teknik memancarkan sinar melewati kristal cair, yang lantas dipancarkan secara elektrik sehingga menyusun sebuah panel-panel kecil yang datar. 

Monitor LCD komputer ini dari segi format menggunakan teknologi Flat Panel Display atau monitor berlayar datar. LCD memiliki keterampilan resolusi yang lebih tinggi dikomparasikan monitor CRT. Dengan format yang ramping dan pipih pemakaian monitor LCD dipadukan dikomputer portable atau laptop.

3. Monitor LED (Light Emitting Diode)

Monitor LED memiliki format seperti Monitor LCD tetapi monitor LED lebih ramping. Monitor LED menimbulkan sebuah tampilan pada layar memakai emisi cahaya. Monitor LED memakai teknologi LED backlight.

LED lebih tepat guna mengeluarkan cahaya. Kelebihan monitor LED dari sisi konsumsi daya listrik monitor LED lebih irit daripada monitor LCD. Namun kekurangan monitor LED yakni harga lebih mahal daripada monitor LCD.

4. Monitor Plasma

Monitor Plasma adalahmonitor yang memakai gas neon atau xenon yang ditaruh diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas di aliri listrik yang memberi reaksi berupa pembuatan pixel. Kualitas gambar lebih baik sebab dalam proses penciptaan gambar dilakukkan secara langsung tanpa mesti diuraikan terlebih dahulu.

Monitor Plasma memakai teknologi gabungan, antara CRT dengan LCD. Hal ini menciptakan kitipisan Monitor Plasma serupa Monitor LCD dan sudut pandang juga luas laksana Monitor CRT.

0 comments